Prestasi SMP/SMA Lentera Harapan Kupang, Hanya untuk Kemuliaan Tuhan


Syukur kepada Allah, di semester ganjil 2017-2018 ini, SMP dan SLH Kupang boleh terlibat dalam berbagai kegiatan perlombaan yang digelar baik di tingkat kota Kupang, sedaratan Timor, provinsi NTT, maupun nasional. Perlombaan ini baik diikuti oleh siswa maupun guru. Di antaranya ada yang mendapat juara ada pula yang tidak. Keluar sebagai juara ataupun tidak, kami percaya itu bukanlah tolok ukur suksesnya pendidikan di SMP/SMA Lentera Harapan Kupang. Ketika terpanggil dan terpilih serta dengan tekun mempersiapkan diri demi mengikuti perlombaan atau pertandingan, ada nilai atau makna yang sebenarnya sedang mereka pelajari. Maka itu, meski tidak menyebutkan secara rinci setiap peserta lomba yang tidak diumumkan sebagai pemenang atau juara, kami tetap memberi apresiasi khusus kepada mereka serta mendoakan agar tetap tekun mengembangkan bakat dan talenta yang dipercayakan Tuhan demi menggarap ladang-Nya di dunia ini. 

Merangkum kembali prestasi-prestasi yang ditorehkan di sini pun bukan karena dan mau menunjukkan bahwa SMP-SMA Lentera Harapan Kupang adalah sekolah yang hebat. Tapi ini sebagai bahan refleksi, melihat kembali ke belakang selama satu semester ini, dan juga sebagai inspirasi untuk semakin lebih baik lagi ke depan. 

SMP-SMA Lentera Harapan Kupang sesuai dengan visinya, pengetahuan yang sejati, iman dalam Kristus, dan karakter ilahi, serta bermisi menyatakan keutamaan Kristus dan terlibat dalam pemulihan yang bersifat menebus segala sesuatu di dalam Dia melalui pendidikan holistik, yang salah satu profil sekolahnya adalah mengidentifikasi, memperteguh, dan mengembangkan talenta murid agar mereka dengan penuh hikmat mengetahui panggilan Tuhan, maka dengan ini dirangkum beberapa prestasi yang ditorehkan SMP/SMA Lentera Harapan dalam kurun waktu satu semester ini, semester ganjil tahun pelajaran 2017/2018. 
Pada pertengahan Agustus, salah satu siswi SMP Lentera Harapan Kupang atas nama Rebbeca Reynata Rihi keluar sebagai pemenang ketiga dalam lomba menulis puisi Lomba Menulis Puisi Aku Cinta Indonesia Tingkat Nasional. Lomba yang diselenggarakan Raya Kultura tersebut diikuti peserta dari seluruh pelosok Indonesia. Lomba tersebut dicanangkan dalam rangka menumbuhkan rasa cinta anak-anak akan Indonesia di tengah berbagai masalah yang terjadi di NKRI. Selain keluar sebagai pemenang ke-3, judul puisi Rebecca juga dipakai sebagai judul sampul buku Antologi Puisi Penjaga NKRI, sebuah kumpulan puisi karya Para Pemenang Utama dan Unggulan Lomba Menulis Puisi Cinta Indonesia. 


Di bulan yang sama, ada juga perwakilan SMA Lentera Harapan mengikuti lomba cerdas-cermat matematika dan cerdas-cerdas pahlawan. Tim Lentera atas nama Axel Salukh, Karina Toebe, dan Indah Taruly meraih juara 3 untuk Cerdas-cermat Pahlawan, serta Genaro Panie, Arie Kase, dan Yabes meraih juara harapan 1 untuk Cerdas-cermat Matematika
 
Di akhir September, Tim Basket Putra SMA Lentera Harapan Kupang menoreh prestasi gemilang sebagai juara 1 dalam ajang Honda DBL East Nusa Tenggara Series 2017. Tim SMA Lentera ini keluar sebagai juara 1 baik dalam pertandingan umum maupun pertandingan loop 3x3. Dalam ajang itu pula dinobatkan dua siswa SMA Lentera Harapan Kupang sebagai MVP (most valuable player). Adriel Geraldo Elim, sebagai MVP untuk kategori umum (putra) dan juga. Amin A Bannesi sebagai MVP untuk kategori loop 3x3. Sebagai kelanjutannya, Adriel Geraldo Elim sebagai MVP mewakili NTT mengikuti ajang DBL Camp di Surabaya pada akhir November 2017 dan berhasil lolos dalam 50 besar yang akhirnya membuat sejarah baru karena ini kali pertama dalam DBL camp ada perwakilan NTT berhasil masuk dalam jajaran 50 besar. 
 
Di bulan Oktober, setelah melewai tahapan seleksi, enam siswi SMP pun terpilih mewakili NTT mengikuti lomba hadang rintang di Bengkulu. Enam siswi tersebut antara lain Adelia, Michelle, Cantika, Chintya, dll. Perlombaan tersebut dalam rangka Invitasi Olahraga Tradisional Tingkat Nasional Tahun 2017. 

Selain kegiatan perlombaan, ada pula siswa memanfaatkan waktu luangnya di luar sekolah untuk berkarya.  Mereka antara lain Audrey Salean dan Axel Juan Saudila. Audrey, seorang siswi SMP Lentera Harapan menjadi satu-satunya pelajar SMP yang lolos dalam Alpha Zetizen of the Year 2017. Dengan lolosnya Audrey dalam program tersebut, Audrey diundang berangkat ke New Zealand selama kurang lebih dua minggu di akhir November 2017. Sementara Axel Juan Saudila merupakan salah satu dari 3 siswa di Kupang yang lolos dalam program YES untuk melaksanakan masa belajar setahun di Wiscinson, Amerika Serikat. 

Tak hanya siswa. Dalam rangka kegiatan Semarak Bulan Bahasa yang diadakan Kantor Bahasa NTT, guru-guru SMP dan SMA Lentera Harapan Kupang pun ikut berpartisipasi dalam Lomba Musikalisasi Puisi yang diakhiri dengan diumumkannya Tim guru SMP Lentera Harapan sebagai juara harapan 2

Disusul bulan November, beberapa siswa yang mengikuti Kejuaraan Catur Elo Rating Daerah NTT tahun 2017 yang diselenggarakan PengProv Percasi NTT dalam rangka HUT ke-6 Otoritas Jasa Keungan (OJK) dengan dukungan Asuransi Jasindo NTT. Dari belasan siswa yang mengikuti lomba kategori SMP classic, tiga di antaranya berhasil masuk dalam jajaran 10 besar. Ketiga siswa tersebut antara lain, Axel Etho mendapat peringkat 6, dan Gilbert mendapat peringkat 8, Aldo Simangunsong di peringkat 10. 
 
Di bidang Bahasa Inggris, English First (EF) juga megadakan lomba Speeling Bee. Dari tiga siswa SMP Lentera Harapan Kupang yang berhasil maju ke babak final kategori C atas nama Avatar Ndoen, Audrey Salaen, dan Putri Patricia Wenzano, salahnya berhasil keluar sebagai pemenang ke-3 yakni Putri Patricia Wenzano
Di akhir semester ganjil, El Harp Choir, kelompok paduan suara SMP/SMA Lentera Harapan Kupang kembali menorehkan prestasi dalam acara Gema Natal XI yang diadakan pemuda GMIT Paulus Kupang. Pada lomba paduan suara kategori umum ini, Tim El Harp Choir khususnya El Harp Choir SMA berhasil keluar sebagai pemenang ke-4 dengan membawakan dua buah lagu yakni Masmur 51 yang merupakan lagu wajib serta Soli Deo Gloria yang merupakan lagu pilihan. 

Demikian laporan mengenai prestasi yang ditorehkan SMP dan SMA Lentera Harapan Kupang dalam kurun waktu satu semester ini. Syukur kepada Allah yang mengaruniakan talenta kepada setiap anak-anak-Nya. Kiranya segala kemuliaan kembali hanya kepada Allah, sebagaimana lagu yang dinyanyikan Tim El Harp Choir dalam acara Gema Natal XI GMIT Paulus Kupang, Soli Deo Gloria, to God Alone be the Glory.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Walau Hujan, Aku Tetap Pergi ke Sekolah

Tema Sekolah Sekolah Lentera Harapan Kupang