Kunjungan ke Rumah Kreatif Oebobo

Senin, 9 Oktober 2017, di tengah-tengah libur seusai penerimaan narrative report SMP Lentera Harapan Kupang, para siswa kelas 8 mendapat jadwal berkunjung ke Rumah Kreatif Oebobo. 
 Rumah Kreatif Oebobo adalah tempat di mana para pekerja kreatif memanfaatkan sampah-sampah plastik seperti kemasan kopi sachet atau nutrisari dll untuk diolah menjadi berbagai karya yang bernilai. Dengan kata lain, di Rumah Kreatif Oebobo inilah dikerjakan daur ulang sampah plastik menjadi menjadi aneka karya atau produk bernilai. Hasil-hasil karya atau produk tersebut terlihat berupa tempat tatakan minuman, tempat tissue, nampan, tas, kotak persembahan, dll.

Rumah Kreatif Oebobo ini dimulai oleh Bapak Piter Pah yang kemudian menggandeng PERSANI. Rumah ini juga sekaligus sebagai tempat belajar bagi yang mau belajar mengolah sampah-sampah plastik menjadi benda bernilai dan terbuka bagi siapa saja. Terbuka setiap hari kecuali Minggu dari pagi hingga sore. Selain itu setiap Sabtu pagi mereka juga menggelar karya-karya mereka di arena Car Free Day jalan El Tari tepatnya di depan Stikes Nusantara Kupang.




Pada kunjungan hari itu, Bapak Piter Pah selaku tuan rumah menyambut hangat para siswa. Beliau kemudian mempersilakan para siswa melihat-lihat hasil karya atau produk. Beliau juga kemudian memaparkan latar belakang pendirian Rumah Kreatif Oebobo. Tak hanya mengamati dan mendengar, para siswa juga terlibat obrolan aktif dengan Bapak Piter Pah kemudian turun melakukan praktek bersama dengan beberapa aggota pekerja rumah kreatif Oebobo yakni Kak Admin dan Kak Yankers. Mereka kemudian ada yang melipat bungkusan plastik kemudian menganyamnya untuk nanti bisa dibuatkan tas atau karya lain, atau ada juga yang  menyambungkan potongan-potongan bekas botol minuman untuk kemudian bisa dibuatkan nampan atau kotak tissue.  

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Walau Hujan, Aku Tetap Pergi ke Sekolah

Tema Sekolah Sekolah Lentera Harapan Kupang

Prestasi SMP/SMA Lentera Harapan Kupang, Hanya untuk Kemuliaan Tuhan