Audrey Salean, Penggagas Aplikasi "BetaJual"


Audrey Salean, salah satu siswi kelas 8 SMP  Lentera Harapan Kupang, pada bulan Agustus 2016 lalu, meluncurkan satu aplikasi internet berbasis geolokasi yang dikenal dengan BetaJual. Aplikasi dengan tagline 'Jual Apa Sa Bisa...Cari Apa Sa Ada...' ini bisa diunduh gratis di google play store. 

Audrey sendiri sejak kecil sudah menaruh minat pada bidang robotik. Lahir dalam keluarga di mana ayahnya adalah seorang programmer ikut mendukung perkembangan minatnya pada bidang pemograman komputer. Di rumah, buku-buku milik ayahnya yang berhubungan dengan pemograman komputer tidak dibiarkan terbengkalai begitu saja. Untuk usianya yang masih dini, buku-buku itu tetap dengan semangat ia baca dan pelajari. 


Hingga suatu hari di awal tahun 2016, ketika ia dan ayahnya kesulitan mencari beberapa hal yang dibutuhkan seperti kebutuhan pelayanan barang dan jasa di wilayah Kota Kupang dan sekitarnya, serta mengingat kemampuan yang ia miliki, maka terpikirkanlah idenya untuk membuat satu aplikasi yang bisa dipakai sebagai media di mana bisa mempermudah pertemuan para pelaku usaha dengan konsumen yang tersebar di area Kota Kupang dan sekitarnya. 


Untuk merealisasikan ide tersebut, atas dukungan keluarga, Audrey pun turun ke berbagai lokasi di area Kota Kupang untuk melakukan survey. Pertama-tama yang dilakukan adalah mendatangi kantor-kantor lurah di wilayah Kota Kupang untuk mendapatkan data. Selanjutnya ia diarahkan menuju lokasi guna melihat dan memastikan adanya usaha yang dimaksud, serta melakukan wawancara untuk mendapatkan data yang lebih spesifik. Mereka yang dituju adalah para pelaku usaha kecil dan menengah. Hal ini dimaksudkan agar dengan hadirnya aplikasi ini, dapat membantu para pengusaha kecil dan menengah yang mengalami kesulitan dalam memperkenalkan produk/jasa mereka karena tingginya biaya promosi/iklan
 
Hasil kerjanya itulah yang bermuara dalam aplikasi BetaJual. Terdapat beberapa kategori layanan dalam aplikasi ini di antaranya jasa, kuliner, host, jual/beli/sewa, transportasi, dengan sub kategori misalnya tempat fotokopi/jilid, bengkel/tambal ban,  warung makan, tempat laundry, tempat les piano, mebel, reparasi elektronik, pembuatan gula lempeng, dll. 


Audrey sendiri adalah seorang yang sangat meyakini bahwa setiap orang, ketika ia lahir, dalam dirinya sudah dikarunia talenta oleh Tuhan. Talenta yang diberikan untuk setiap orang tentunya berbeda-beda. Tanggung jawab manusia adalah bagaimana ia mengembangkan talenta itu bukan untuk kepentingan dirinya sendiri melainkan untuk menolong dan melayani sesama manusia. Hal yang terpenting adalah ketika seseorang melakukan sesuatu untuk menolong sesama manusia bukan dilakukan atas dasar kemanusiaan semata. Peletakkan fondasi dan arahnya haruslah karena segala sesuatu datangnya dari Dia, oleh Dia, dan untuk Dia. Demikian pandangan Audrey yang dapat juga dibaca di ElHarpKpg.

Berikut dua harian lokal NTT yang memuat berita terkait Audrey dan Aplikasi BetaJual: 

  1. Audrey Salean: Aplikasi BetaJual





 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Walau Hujan, Aku Tetap Pergi ke Sekolah

Tema Sekolah Sekolah Lentera Harapan Kupang

Prestasi SMP/SMA Lentera Harapan Kupang, Hanya untuk Kemuliaan Tuhan