Kegiatan Pelatihan Guru-Guru SMP-SMA Lentera Harapan Kupang Tahun 2014



Kegiatan pelatihan para guru SLH Kupang dimulai pada tanggal 1 Juli 2014 hingga Jumat, 10 Juli 2014. Pada hari pertama pelatihan ini bertempat di aula SMP Lentera Harapan Kupang. Tema untuk sesi hari pertama ini adalah Fondation of Christian Education, dibawakan oleh kepala sekolah, Bapak Grefer E. D Pollo. Pada sesi ini, Pak Grefer menegaskan bahwa landasan Kristen penting diperlukan dalam pendidikan. Sebab dari landasan itulah pendidikan diketahui ke mana arah dan tujuannya. Pada sesi ini juga, kembali diulas sejarah perjalanan terbentuknya Yayasan Pendidikan Pelita Harapan (YPPH) yang dicetuskan Bapak Johannes Oentoro dan Bapak James T Riady, hingga berujung pada berdirinya Sekolah Lentera Harapan (SLH) di Kupang.
Peserta sesi hari pertama ini terdiri para guru SD Lentera Harapan, SMP dan SMA Lentera Harapan Kupang. Pelatihan hari berikutnya diadakan di unit/depertemen masing-masing, yakni SD Lentera bertempat di Bonipoi dan SMP/SMA Lentera bertempat di Naikoten 1. Pada hari kedua pelatihan tersebut, didatangkan seorang narasumber yakni Bapak Daud Lawa, yang adalah seorang pengawas SMP Kota Kupang membagikan materi tentang sistem penilaian dalam penerapan kurikulum 2013. Dalam sesi ini dibagikan bagaimana guru dapat membuat pertanyaan yang bersifat produktif dibanding tidak produktif untuk mata pelajaran Science, imajinatif dibanding faktual untuk mata pelajaran Bahasa, serta pertanyaan yang bersifat terbuka dibanding tertutup untuk mata pelajaran matematika dan sosial.  

Pada hari Kamis, 3 Juli 2014 pak Hengky Hailitik sebagai CC/TT SMA Lentera Harapan membuka sesi pelatihan hari ketiga dengan memberikan semacam motivasi bagaimana kita menghadapi tantangan tahun akademik yang baru ini. Selanjutnya dipaparkanlan materi tentang perbedaan Problem Based Learning yang menghasilkan produk pada kegiatan akhirnya, serta Project Based Learning yang hanya dalam proses memecahkan kasus atau masalah tanpa harus ada produk pada akhir kegiatan.
Kegiatan pelatihan pada hari-hari berikutnya, para guru mulai diberi kesempatan mempersiapkan perangkat mengajar yang akan dipakai dalam tahun akademik 2014-2015. Hingga pada hari Jumat, 11 Juli 2014, para guru terutama wali kelas mulai mempersiapkan kelas untuk ‘The first day of School’. Karena persiapan yang belum maksimal di hari Jumat tersebut, maka persiapan ‘The First Day of School’ pun dilanjutkan pada hari Sabtu, 12 Juli 2014.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Walau Hujan, Aku Tetap Pergi ke Sekolah

Tema Sekolah Sekolah Lentera Harapan Kupang

Prestasi SMP/SMA Lentera Harapan Kupang, Hanya untuk Kemuliaan Tuhan